1. kapal Arctic Sunrise- Spoiler:
Asal UsulIronisnya, sebelum Greenpeace menyewa Artic sunrise, kapal ini adalah kapal besar penyegel. Greenpeace sebelumnya juga telah berhadapan dengan kapal ini ketika mengantarkan perlengkapan untuk pemerintah perancis untuk membangun landasan terbang sementara yang melewati habitat penguin di Antartic.
SejarahLambung kapal bulat tanpa alas bagian tengah yang terbuat dari baja, jadi kapal mengangkat es bukannya menabrak es.
Pada akhir tahun 1996, Greenpeace telah mempersiapkan Artic Sunrise untuk kondisi es di Benua Antartika .
AksiArtic sunrise memulai kehidupan Greenpeace-nya selama kampanye Brent Spar dimana kapal ini digunakan untuk mencegah pembuangan kilang minyak ke laut.
Pada tahun 1997 kapal ini melakukan perlayaran pertamanya dengan mengelilingi kepulauan James Ross di Antartika. Sebelum runtuhnya es dengan ketebalan 200 meter di kepulauan James Ross, Pelayaran ini merupakan perjalanan yang mustahil. Fenomena runtuhnya es didaerah itu merupakan salah satu dari banyak tanda perubahan iklim. Artic Sunrise melakukan dokumentasi fenomena tersebut.
Artic Sunrise kembali ke wilayah Antartika berulangkali untuk berhadapan dengan Northstar, salah satu proyek Britsih Petroleum untuk membuka pengeboran kilang minyak baru lepas pantai. Tumpahan minyak dari proyek tersebut mengancam wilayah yang rapuh ini dan turut berkontribusi pada pemanasan global.
Diperairan selatan kapal ini menghalangi percobaan orang-orang Jepang yang mengenggunakan dalih penelitian pada ikan paus padahal mereka melakukan penangkapan ikan paus secara-besar-besaran di suaka ikan paus dan mengejar kapal penangkap ikan yang menangkap ikan Patogian Toothfish secara illegal sampai ke pelabuhan bajak laut di Mauritius, Iran.
Artic sunrise melakukan manuver secara langsung untuk menghentikan suatu, tapi kegagalannya adalah tidak dapat mencegah Amerika Serikat melanjutkan 2000 ujicoba sistem pertahanan peluru “Perang bintang” yang mengancam memicu perlombaan senjata nuklir.
Akhirnya Artic Sunrise selamat dan dapat menceritakan cerita tersebut, serta melanjutkan pelayaran ke Argentina untuk memulai kampanye anti racun berbahaya di Amerika Latin pada tahun 1998.
SpesifikasiPelabuhan tempat terdaftar: Amsterdam, Belanda
Nama sebelumnya: Polarbjorn
Tanggal Izin: 1995
Jumlah Tempat tidur di kapal: 28
Perahu karet: 2 kapal kecil dan 2 perahu karet
Menampung Helikopter: ya
Tipe Perahu: yacht motor laut
Tanda Panggilan: PCTK
Dibangun: 1975 oleh AS Vaagen Verft
Kapasitas kotor: 949 tonnes
Panjang O.A: 49.62
Lebar: 11.50 m
Ukuran maksimal terbenamnya kapal dalam air: 5.30 M
Kecepatan maksimum: 13 Knots
Mesin utama: MAK 9M452AK 2495 IHP 1619kW
Mesin aux 2 x Deutz BF6M716 208hp (175 kva)
Bow & stern thrusters: 400 hp each
Simpul dan buritan kapal: tiap 400 hp
Cerita pribadiArne Sorensen, Kapten Artic Sunrise, selama ekspedisi diperairan selatan pada bulan Desember 1999
Kami melakukan protes damai melawan perburuhan ikan paus Jepang yang dilakukan secara illegal di perairan Antartika, ketika kami mendengar suara tabrakan yang besar dan kapal bergulung secara dasyat. Kapala mesin David de Jong bergegas ke anjungan kapal dan berteriak ”itu tidak terdengar seperti es!”
Dia benar- itu bukan lautan es ataupun es pecah, tapi kapal penangkap ikan Nisishin Maru, yang ukurannya 10 kali lebih berat daripada Artic Sunrise, menabrak kami.
Meskipun membahayakan nyawa kedua awak kapal, untungnya tidak ada yang terluka
2. Esperanza- Spoiler:
Asal-UsulDiluncurkan pada bulan Februari 2002. Esperanza merupakan kapal terbaru dan terbesar dalam armada kapal Greenpeace, menggantikan kapal Now Greenpeace yang sudah pensiun. Esperanza (dalam bahasa spanyol berarti harapan) merupakan kapal Greenpeace pertama yang diberi nama oleh para pengunjung website kami
SejarahKapal ini merupakan kapal keempat dari 14 kapal perang yang dipesan oleh pemerintah Rusia antara tahun 1983 dan 1987 dari Stooznia Polnocna Construction Yard di Gdanjs, Polandia. Kelas pemecah es besar dan kecepatan merupakan salah satu permintaan pemerintah Rusia yang harus dipenuhi pembuat kapal.
Esperanza merupakan salah satu dari 14 jenis kapal besar yang sama yang ditugaskan oleh pemerintah Rusia dan digunakan oleh angkatan laut Rusia sebagai kapal perang di Murmansk
Diakhir 80-an, akibat kekurangan dana kapal masuk ke penggalangan kapal selama beberapa tahun, lalu dijual beberapa kali, hingga akhirnya bekerja di Norwegia sebagai kapal pengangkut barang.
Dengan panjang 72 meter, dan kecepatan tertinggi 16 knots, kapal ini ideal untuk kecepatan dan baik untuk dipakai untuk pekerjaan jarak jauh.
Statusnya sebagai kapal pemecah es dapat juga bekerja diwilayah kutub.
Membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melengkapi kapal ini menjadi kapal ramah lingkungan dan perbaikan tersebut termasuk: menghilangkan atau mengamankan semua ruang penahanan yang terbuat dari asbes; membuat sistem bahan bakar yang tepat untuk mencegah bahan bakar tumpah; lebih pas, lebih efisien, mesin pendorong diesel listrik, diatas kapal terdapat sistem daur ulang limbah air, dan hanya meninggalkan air bersih untuk dibuang keluar kapal, sistem pembuangan sampah berbasis panas; serta penjernih air di lambung bawah kapal 15 kali lebih efektif daripada yang disyaratkan oleh pembuat kebijakan saat ini, TBT- lambung kapal bebas dari cat; Amoniak dipilih menjadi bahan dasar untuk lemari pendingin dan pendingin ruangan karena lebih baik daripada gas Freon yang menipiskan ozone dan menyebabkan perubahan iklim- merupakan kapal pertama yang terdaftar di Belanda yang secara ekonomi dan ekologis dianggap efisien untuk mendorong sistem mereduksi emisi CO2.
Sebagai tambahan, peralatan operasi standar Greenpeace juga telah disesuaikan. Dek helikopter telah ditambahkan, demikian juga mesin derek kapal khusus untuk meluncurkan perahu karet
Aksi Esperanza pertama kali bekerja untuk Greenpeace pada tahun 2002 ketika Greenpeace meluncurkan kampanye ”HUTAN ALAM DILINDUNGI ATAU DIHILANGKAN"
SpesifikasiPelabuhan tempat registrasi: Amsterdam, Belanda
Nama sebelumnya: Echo Fighter
Tanggal Ijin: 2000
Jumlah Tempat Tidur Dikapal: 33
Perahu Karet: 2 perahu dengan lambung kapal besar dan 4 perahu karet kecil
Mempunyai Helikopter: Ya
Tipe Perahu: ekspidisi/riset
Tanda panggilan: PD 6464
Dibuat di: 1984 Gdank Polandia
Berat Kotor: 2076 BRT
Panjang kapal o.a : 72.3m
Lebar: 14.3 M
Ukuran terbenamnya kapal dalam laut: 4.7 m
Kecepatan Maksimum: 14 Knots
Mesin Utama: 5.876 BHP, 2*2.938 BHP Sulzer V12
Esperanza
Geldak penginapan
Geladak Kapal and perahu karet
Geladak utama
Tanki
Geladak tengah
Anjungan
Cerita BerkesanDavid de Jong, Kepala teknik Greenpeace:
Menemukan kapal Greenpeace yang sempurna. Telah ada dipikiran saya sejak saya bergabung dengan Greenpeace sembilan tahun yang lalu.
Dua tahun yang lalu spesifikasi telah disetujui untuk diganti oleh Greenpeace. Hal tersebut merupakan tugas yang sulit. Echo Fighter mempunyai potensi yang kami cari, walaupun kami harus melakukan perbaikan yang cukup besar.
Penuh dengan pemikiran, kegembiraan dan pertanyaan saya melewati gang kecil setelah kunjungan pertama saya ke echo fighter( nama asal) di Norway, ketika pelangi timbul.
Pelangi dikatakan hadir disaat moment penting dalam sejarah Greenpeace menuntun kapal kami kepada kapal penangkap paus dan tempat –tempat ujicoba nuklir.
Mungkin dalam kasus ini pelangi membimbing kami kepada Esperanza- saya tentu saja menyukai untuk berpikir bahwa keduanya sebagai tanda harapan yang akan datang.
3.Kapal Rainbow Warrior IIIGreenpeace tidak akan menerima sumbangan/donasi dari pemerintah dan perusahaan, jadi kami bergantung pada orang-orang seperti anda untuk tetap bertahan dan menyerukan bumi yang hijau dan damai.
Bantu kami membangun Rainbow Warrior III
Setelah selama 52 tahun di laut (dan selama 21 tahun sebagai kapal Greenpeace), Rainbow Warrior saat ini menuju masa untuk di pensiunkan. Donasi anda hari ini akan membantu kami membangun Rainbow Warrior untuk terus bersama anda menyelamatkan bumi.
Kapal baru ini bertujuan untuk lebih siap mengatasi ancaman lingkungan yang besar yang mungkin akan terjadi pada kita - perubahan iklim, penangkapan ikan secara berlebih, penghancuran hutan dan pengunanaan bahan kimia beracun di Bumi.
Kapal Rainbow Warrior yang baru akan memungkinkan kita untuk mengambil tindakan lebih cepat di tahun mendatang, di seluruh dunia. Bahwa kegigihan dan dedikasi yang memungkinkan Greenpeace untuk memenangkan kemenangan penting atas apa yang kami yakini. Dan kita perlu kemenangan yang lebih dibandingkan sebelumnya.
Bantu kami membangun Rainbow Warrior III dengan melakukan donasi hari ini.
Rainbow Warrior yang baru akan melakukan perubahan
Kapal yang baru ini akan melakukan tugasnya di garis depan untuk beberapa kampanye :
Mempromosikan energy bersih yang hijau – menghentikan pengiriman batubara dan bersama para aktivis medorong revolusi energy secara global untuk energy terbarukan.
Mempertahankan hutan kita – akan melacak pengiriman kayu illegal, mengumpulkan bukti-bukti kerusakan yang di lakukan oleh perusahaan yang melanggar peraturan pemerintah.
Melindungi laut – dengan fasilitas helicopter akan memungkinkan kami untuk beroperasi di daerah penangkapan ikan illegal dari tempat yang cukup jauh.
sumber :
GreenPeace